Cara Install dan Konfigurasi Port SSH di Ubuntu

Kali ini Rieztoshare akan membagikan cara Installasi dan konfigurasi Port pada SSH - Server di Operating Sistem Linux Ubuntu. Sedikit saya perkenalkan dengan SSH, apa itu SSH ? bagi orang TKJ  seperti saya,, tentunya sobat sudah mengenal dan bahkan sudah mengoperasikannya, tetapi jika sobat belum tau betul apa itu SSH, yuk baca berikut ini.

OpenSSH merupakan tool gratis yang bisa digunakan untu melakukan komunikasi antar komputer dengan menggunakan protokol SSH (Secure Shell). Tool serupa yang tersedia adalah telnet atau rcp, hanya saja karena masalah keamanan maka penggunaan SSH lebih disarankan saat akan melakukan komunikasi antar komputer, seperti remote dan transfer file antar komputer.

Intinya, SSH adalah sebuah tools dimana dia dapat merubah Port atau jalur komunikasi, atau bisa dibilang dengan sebuah pintu masuk, dimana setiap PC/Client memilikii sebuah Pintu tempat keluar masuknya data secara bebas dan terbuka. Nah karena sangat bebas dan terbuka, penyerangan jaringan dengan menggunakan remote (putty dan filezilla) dapat dengan mudah menyerang PC tersebut hanya dengan mengetahui IP Addressnya saja.

Untuk melindungi PC kita yang tersambung dalam sebuah jaringan agar tidak mudah terjebol, kita ganti saja Port SSH dengan cara berikut ini.

1. Buka Aplikasi Terminal dengan menekan Alt+F2 kemudian ketikkan gnome-terminal lalu Enter.
2. Masuk konfigurasi user dengan mengetikkan #sudo su lalu masukkan password dan Enter.
3. Berikutnya Install Aplikasi SSH Server dengan perintah berikut ini.

#apt-get install openssh-server

4. Jika sudah terinstal, selanjutnya langkah mengganti portnya dengan mengedit file /etc/ssh/sshd_config. Ketikkan perintah berikut.

#gedit /etc/ssh/sshd_config

Lalu tekan Enter.
5. Untuk mengganti Port pada PC kita, ganti angka default dari Ubuntu yaitu 22 dengan angka sesuai dengan keinginan sobat namun hanya dibatasi 1 sampai 60000 saja. Disini saya contohkan dengan angka 1765.

Sobat juga bisa membatasi alamat IP yang bisa melakukan remote dengan cara menghapus tanda # pada ListenAddress kemudian tuliskan IP yang akan anda beri izin.
Berikut contohnya :

# Package generated configuration file
# See the sshd_config(5) manpage for details
# What ports, IPs and protocols we listen for
Port 1765 ganti dengan port yang sobat inginkan
# Use these options to restrict which interfaces/protocols sshd will bind to
#ListenAddress ::
#ListenAddress 0.0.0.0 hapus tanda #
Protocol 2
# HostKeys for protocol version 2
HostKey /etc/ssh/ssh_host_rsa_key
HostKey /etc/ssh/ssh_host_dsa_key
HostKey /etc/ssh/ssh_host_ecdsa_key
#Privilege Separation is turned on for security
UsePrivilegeSeparation yes
..........................

Keterangan :

  • Warna Biru merupakan kode yang dapat dieksekusi.
  • Warna Merah merupakan keterangan dari kode.


6. Langkah terakhir, simpan konfigurasi dengan menekan CTRL+S dan exit.

Bagaimana sobat ? Sekarang sobat tidak bisa lagi dikerjai dengan aplikasi Putty ataupun Filezilla tanpa seizin sobat. Semoga bermanfaat :D