Cara Instal Joomla

Inilah tulisan yang membuat saya sendiri bangga akan manulisnya, yaitu membuat atau membangun sebuah website dengan menggunakan Joomla! Tak perlu basa basi deh, langsung saja ini langkahnya... Sebelum anda melakukan langkah ini, anda diharuskan untuk menginstal Xampp terlebih dahulu, untuk yang belum tau cara menginstal Xampp, disini caranya.
  1. Buka dari explore Anda C:\Program Files\xampp\htdocs dan buatlah new folder dan beri nama Joomla.

  2. Sekarang Anda buka file joomla yang telah Anda Download, disini saya memakai Joomla_1.5.11-Stable-Full_Package, esktrak file tersebut kedalam folder htdocs di XAMPP.
  3. Pilih semua file lalu klik Extract To.

  4. Pilih Directory penyimpanan file Instalasi Joomla pada Folder yang telah kita buat pada folder XAMPP tadi C:\Program Files\xampp\htdocs\Joomla lalu klik OK
  5. Tunggu Proses pengekstrakan selesai.
  6. Sekarang file Instalasi sudah berada dalam database Anda lalu buka browser Anda dan ketikan pada address bar http://localhost/joomla, maka akan tampak halaman utama instalasi joomla seperti gamabar dibawah ini.

  7. Klik Next pada pojok kanan atas, maka akan tampak Halaman Pre-Installation Check seperti gambar dibawah dan klik Next.

  8. Setelah itu akan tampil halaman License lalu klik Next.
  9. Setelah halaman License maka akan tampil halaman Basic Settings yaitu halaman konfigutasi database.
    Disini anda diminta untuk mengisikan Host Name dan Password, isikanlah seperti dibawah ini.
    Database Type MySql
    Host Name localhost
    User Name root
    Password DIKOSONGKAN SAJA
    Database Name Dapat diisi sesuai dengan keinginan anda
    Setelah itu klik Next.

  10. Akan tampil halaman FTP Configuration, biarkan kosong halaman ini dan pastikan NO tercentang pada enable FTP File system layer dan klik Next. Catatan:(enable FTP File system layer dibiarkan NO karena Operating Sytem yang kita gunakan adalah Windows).

  11. Sekarang Anda memasuki halaman Main Configuration lalu isi kolom-kolom pada halaman ini, kemudian Anda pilih Option Install Default Sample Data dan klik Box Install Sample Data, maka joomla akan meng-install sample data default.

    Setelah progres selesai akan tampil Sample Data Installed Successfully!.

  12. Lalu klik Next untuk menyelesaikan Proses Installasi. Gambar dibawah ini adalah halaman di mana Anda sudah berhasil meng-install joomla. Tapi Anda jangan lupa ada peringatan berwarna merah pada halaman ini, yang artinya untuk menyempurnakan proses instalasi, Anda diharuskan menghapus file installation joomla yang ada pada folder htdocs Anda, untuk itu Anda buka C:\xampp\htdocs\Joomla pada Explore Anda dan hapus folder yang bernama instalation.